Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan[7] (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan[7] (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan[7] (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut ("follower").
Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs
Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau
dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu.
Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana
situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor
di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts.
Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah
mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih
dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai "SMS dari internet".
Twitter memiliki logo berupa seekor burung berwarna biru yang bernama
"Larry the "Bird", dinamai setelah nama seorang mantan pemain basket NBA, Larry Bird.
Konten Dalam Twitter
[sunting]Laman Utama (Home)
Pada halaman utama kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan oleh
orang-orang yang menjadi teman kita. Halaman utama disebut juga sebagai Timeline
[sunting]Profil
Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil
atau data diri serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.
[sunting]Pengikut (Follower)
Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman.
Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan
seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.
[sunting]Mengikuti(Following)
Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti
akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti
tersebut masuk ke dalam halaman utama.
[sunting]Gamitan[8] (Mentions)
Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.
[sunting]Favorit
Kicauan ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.
[sunting]Pesan Langsung (Direct Message)
Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena
pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain
yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.
[sunting]Tagar[9] (Hashtag)
Tagar yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga
[sunting]Senarai[10] (List)
Pengguna twitter dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu grup
atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan
para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).
[sunting]Topik Hangat (Trending Topic)
Secara garis besar adalah topik yang sedang banyak dibicarakan banyak
pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan. Kemudian secara spesifik
yaitu sebuah kata, frase atau yang ditandai dengan tagar (#) yang
dilepaskan dengan kecepatan lebih tinggi serta unggul dalam jumlah
daripada kata, frase atau yang ditandai dengan tagar lainnya, hal ini
biasa dikatakan menjadi Topik Hangat (Trending Topic) dan menjadi
populer baik yang melalui upaya terpadu oleh pengguna atau karena suatu
peristiwa yang mendorong orang untuk berbicara tentang satu hal
tertentu tersebut. Topik-topik tersebut membantu Twitter dan pengguna
untuk memahami apa yang terjadi di dunia. Terkadang topik-topik tersebut
merupakan hasil dari kesengajaan dan upaya bersama oleh fans selebriti
tertentu ataupun karena fenomena budaya. Ada 2 jenis Topik Hangat (Trending Topic) yang menjadi acuan pengguna di Indonesia, yaitu Topik Hangat Seantero Dunia (Trending Topic World Wide / TTWW) dan Topik Hangat Indonesia (Trending Topic Indonesia / TTI),
kemudian yang terjadi di Indonesia khususnya terutamanya adalah karena
hal-hal yang sedang banyak peminatnya pada kala itu, semisal fenomena
lagu Keong Racun, Ariel Peterpan (dikenal sebagai Arielpeterporn),
Ashilla Zahrantiara (dikenal sebagai Shilla, Ashilla Z dan
AshillaBlink), Justin Bieber (Beliebers), Twilight, Harry Potter dan
lainnya, atau juga hal-hal yang tidak biasa seperti
#7KulinerSbyPalingWuenak.
kegunaan dan keuntungan yang bisa kita peroleh dalam memakai Twitter untuk kehidupan sehari-hari adalah sebagai berikut :
- Mendapatkan berita-berita terbaru
- Mengintegrasikan twitter dengan dengan blog/situs web RSS feed
- Menginformasikan jadwal kegiatan kita ke orang yang berkepentingan
- Menjaga reputasi bisnis kita
- Saling tukar pikiran dan ide
- Mendapat umpan balik dari customer ( bisnis )
- Sebagai tempat untuk survey
- Mendapatkan berita2 / promosi dari produsen
- Belajar tentang bisnis, industri atau hal-hal lain
- Berbagi pengetahuan di twitter
- Mencari prospek baru dalam bisnis
- Memperluas jaringan sosial atau bisnis kita
- Sebagai agenda online kita
- Dan tentunya seperti social tools lainnya, Twitter kita bisa mendapatkan teman baru
Demikian beberapa kegunaan dari Twitter untuk kegiatan sehari-hari
- Mendapatkan berita-berita terbaru
- Mengintegrasikan twitter dengan dengan blog/situs web RSS feed
- Menginformasikan jadwal kegiatan kita ke orang yang berkepentingan
- Menjaga reputasi bisnis kita
- Saling tukar pikiran dan ide
- Mendapat umpan balik dari customer ( bisnis )
- Sebagai tempat untuk survey
- Mendapatkan berita2 / promosi dari produsen
- Belajar tentang bisnis, industri atau hal-hal lain
- Berbagi pengetahuan di twitter
- Mencari prospek baru dalam bisnis
- Memperluas jaringan sosial atau bisnis kita
- Sebagai agenda online kita
- Dan tentunya seperti social tools lainnya, Twitter kita bisa mendapatkan teman baru
Demikian beberapa kegunaan dari Twitter untuk kegiatan sehari-hari
by:.http://riszal-juniar-arifin.blogspot.com